Minggu, 01 September 2013

Memutar Anime full softsub menggunakan Daum PotPlayer

Sebelumnya saya pernah posting cara instal daum PotPlayer di sini. Sekarang saya bakal share cara setting PotPlayer biar bisa lancar jalanin berkas MKV bersoftsubtitle. Mungkin banyak yang suka nonton anime jaman sekarang kadang waktu diputer nge-lag atau patah-patah, hal ini dikarenakan efek subtitle yang memang secara standar tidak disupport oleh player tersebut. Hal ini dapat di atasi dengan menggunakan filter tambahan atau player alternatif. Saking banyaknya player yang dapat mensupport subtitle berefek saya pilih salah satu yang sekarang saya pakai yaitu Daum PotPlayer. tidak jauh berbeda dengan KMPlayer karena original creatornya orang yang sama, tapi PotPlayer memiliki kelebihan yaitu:

  1. Chapter atau bookmark dapat ditampilkan di seek bar.
  2. support DirecVOBSub atau yang sekarang dikenal dengan nama xy VS Filter. Karena dari percobaan kalau KMPlayer menggunakan VS Filter, warnanya akan berubah seperti merah menjadi biru(hal yang saya lihat sewaktu menyetting KMP dan film yang digunakan adalah RWBY).
  3. Banyaknya fasilitas shortcut seperti :
    1. membuka pilihan subtitle = L
    2. membuka pilihan chapter = H
    3. navigasi next dan previous = SHIFT + PageDown dan SHIFT + PageUp
    4. dan masih banyak lagi.
Daripada makin panjang aja sampe ntar gak jelas langsung aja saya jelaskan step by stepnya. kalau masih kurang jelas silahkan komen aja. Karena saya masih pemula dan waktunya mepet jadi maaf kalau gak enak dilihat desainnya.
  1. Sebelumnya Instal dulu filter yang mau dipakai.
  2. Buka PotPlayernya.
  3. Klik kanan -> Preferences atau bisa langsung tekan F5
  4. Pilih Filter Control ->Source/Splitter(Gambar 1)
  5. Klik Filter Management yang ada di kanan bawah. buat nambah filter bisa tekan scan add registered filter, tapi biar menghemat waktu klik scan aja. Kalau ada filter yang mau di setting tinggal pilih filternya langsung klik filter information.(Gambar 2)
  6. Setelah selesai setting filter, klik OK dan ganti format apa aja yang mau di pake filter, karena MKV aja yang saya pake ada softsubnya jadi saya cuma merubah Matroska make splitter dari Haali.
  7. Masih di filter control sekarang pindah ke submenu keempat yaitu custom filter management (Gambar 3). tambahkan DirectVobSub (auto loading version) terus ubah prioritynya ke prefer.
Sampai sini pasti waktu di play efek subtitle udah lancar. Tapi kalau mau audio dan videonya bisa diliat settinganya di gambar 4 & 5. Segini dulu aja kayaknya, kalau ada pertanyaan bisa melalui blog tapi jarang keurus(Tehe...) bisa juga ke facebook. seperti biasa sikian dan terima gajih.

Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3


Gambar 4

Gambar 5
Oh iya, settingan ini cuma berlaku untuk software, jadi kalo masih nge-lag juga, upgrade VGA atau tambahin RAM biar tetep lancar.


0 komentar:

Posting Komentar